Saturday, February 27, 2010
Publications (2)
Dulu aku tidak tahu bhw dosen diharuskan membuat publikasi ilmiah karena itu merupakan salah satu tugas pokok dosen selain mengajar. Aku baru sadar karya ilmiah itu memang betul-betul penting sewaktu apply beasiswa utk studi lanjut. Sebagai bagian dr seleksi penerimaan beasiswa, aku diwawancara. Aku masih inget nama interviewernya, yaitu Dr. Elspeth. Beliau melihat daftar publikasi ilmiahku yang cuma berisi dua judul dan wajahnya agak kecewa. Terus beliau tersenyum sambil bertanya, “Are these the only publications you have?”
Wah, aku malu setengah mati. Mungkin beliau mbatin, karya ilmiah cuman dua kok berani-beraninya daftar S3 di Oz. Akhirnya bisa ditebak, aku tidak dapat beasiswa. Sejak itu aku genjot untuk kejar ketertinggalan. Aku banyak nulis makalah untuk seminar atau konferensi, dan setelah dapat masukan dari audience makalahnya aku kirimkan ke jurnal untuk diterbitkan. Kadang ditolak oleh editor jurnal, kadang diterima. Ngga papa, yg penting udah nyoba.
Sampe sekarang aku masih suka nulis. Itu pesan dr kedua pembimbingku, Dr Gearon & Prof Len. Sewaktu aku masih studi di Monash Uni, beliau berdua berpesan agar aku aktif menulis karya ilmiah krn itu memang tugasku selama studi. Apalagi kalo studi udah selesai, karya tulis harus semakin banyak.
Memang lebih enak menulis karya ilmiah drpd ngobrol ga jelas. Paling sebel kalo duduk di kantor terus langsung diajak bergunjing ttg teman sendiri. Sebeeeeellllllllll. Heran, seneng amat sih cari kesalahan orang lain buat bahan bergunjing. Tuh, di musholla ada kaca gede, dipake dong. Tapi kalo ngga mau pake ya ngga papa, aku juga ngga bisa maksa orang utk berkaca. Lebih baik aku meneruskan tulisanku. Lihat saja nanti, apa se yg dikutip orang lain dari mereka? Paling-paling aib dan fitnah hasil gunjingan mereka. Terus apa yg dikutip orang lain dr aku? Ilmu yg ku tulis di karya ilmiahku hehehe:
Processing Connected Speech: Triggers for Mondegreens oleh Balmer
Violating Gricean Maxims in Persian Ethnic Jokes oleh Sepideh Berenji
LIM nella didattica delle lingue straniere: come muovere i primi passi di Valentina Toci
A survey of undergraduate students’ attitudes toward importance of listening, listening problems and strategies of EFL listening oleh Napat Nuangrit
Utilizing Film to Enhance Student Discussion of Sociocultural Issues oleh Richard J. Sampson
The Effect of Bimodal, Standard, and Reversed Subtitling on L2 Vocabulary Recognition and Recall oleh Abbas Ali Zarei
What Is Going on in Students’ Minds as They Read?: The Use of Think-Aloud Protocol Analysis in Reading oleh Sutilak Meeampol
Update 5 March 2010
Ini ada lagi yg munculkan namaku. Entah apa bunyinya, aku ga mudeng bahasa Jepang hahahaha...
http://www.initiative.soken.ac.jp/20nendo/katudou/fieldwork/repo-ohkura.html
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.